Pelatihan Bahasa Inggris untuk Dosen Muda

No comment 363 views

Bahasa Inggris merupakan bahasa y20160526151800ang digunakan di seluruh dunia, sejalan dengan sejarah panjang dunia sejak abad ke 15. Dewasa ini Bahasa Inggris memegang posisi strategis tersebut. Tuntutan ini semakin penting seiring dengan visi Universitas Negeri Malang yang memprogramkan sebagai world class university.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris aktif para dosen khususnya dosen muda Fakultas Ilmu Pendidikan memprogramkan pelatihan Bahasa Inggris selama empat kali pertemuan. Pelatihan ini diisi oleh native speaker Ms. Charlote yang berasal dari US. “Kami berharap pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan dosen-dosen FIP dalam berbahasa Inggris” Demikian yang disampaikan oleh Dekan FIP UM dalam pidato pembukaan yang beliau sampaikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (Billingual).

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan salah satu tantangan yang mesti dihadapi oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dalam hal ini dosen-dosen Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki tuntutan untuk mampu berbahasa Inggris agar mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan warga dunia.

Pada pertemuan pertama peserta pelatihan diberi tantangan berupa membaca teks dalam Bahasa Inggris. Teks yang diangkat bercerita tentang pembelajaran tematik di Amerika Serikat, yang sejalan dengan tuntutan dalam pembelajaran dewasa kini. Pada pertemuan kedua kemampuan tentang vocabulary dan listening peserta diuji dengan melengkapi sebuah teks tentang Beras Kencur. Pada sesi kedua saatnya para peserta unjuk kebolehan berakitan dengan kemampuan speaking melaui permainan yang sangat menyenangkan. Sebaik-baiknya belajar bahasa adalah menggunakan setiap saat. (Fimz,Sandy, NiSN, Yuniawatika)

 

 

author
No Response

Leave a reply "Pelatihan Bahasa Inggris untuk Dosen Muda"