Saya Maf’ula yang merupakan mahasiswa Prodi Pg PAUD 2018 juga salah satu alumni Program Kampus Mengajar Perintis Tahun 2020. Tempat mengabdi mengajar saya berada di SDN Jombang 3 yang berada di Kabupaten Jombang. Kegiatan mengajar ini sangat menyenangkan dan memberikan banyak sekali pengalaman berharga untuk diri saya. Program ini diikuti oleh beragam Universitas baik swasta maupun Negeri di seluruh Indonesia. Kementrian Pendidikan mengadakan program Kampus Mengajar adalah sebagai progres pengabdian mahasiswa dan relevansi ilmu yang telah didapatkan selama belajar di kampus untuk membuat inovasi baru pada lingkungan masyarakat.

Mengajar di Sekolah Dasar adalah kegiatan mengajar pertama saya selama ini, akan tetapi saya tidak khawatir karena sebelum terjun ke lembaga sekolah pihak Panitia Program Kampus Mengajar memberikan pembekalan selama 5 hari penuh dengan narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti : Nur Fitriana, M.A selaku Direktorat Sekolah Dasar kemudian Eri Vidiyanto, M.Psi, seorang Psikolog. Karena Pandemi Covid-19 semua kegiatan dilakukan melalui Online.
Dengan mengikuti kegiatan ini saya jadi memahami bahwa dunia pendidikan memang perlu untuk terus dikembangkan dan diinovasi. Menjadi seorang pendidik sangatlah menyenangkan, selain itu di lembaga sekolah saya juga banyak diberikan ilmu baru oleh guru pamong (Bu Is). Serta sambutan pihak lembaga SD yang sangat terbantu dengan adanya mahasiswa. Kemudian menjadi sebuah tantangan, bagaimana membuat suasana belajar daring menjadi menyenangkan merupakan tantangan tersendiri untuk kami. Sebagai mahasiswa kita juga perlu mengenalkan IPTEK untuk anak-anak maupun guru di sekolah.

Oleh : Maf’ula Qurrata Ayuni, Kristina Kurniawati, Irmala Putri Eka Mawardan

Translate »