Program Studi S1 PGSD

Perangkat Kemampuan

Program S1 PGSD bertujuan untuk menghasilkan guru SD yang memiliki kemampuan utama sebagai :

a. Guru kelas, artinya lulusan berhak dan mempunyai kompetensi sebagai guru di semua kelas SD.
b. Administrator dan supervisor pengelolaan pendidikan SD, artinya sesuai dengan SNP lulusan pada saatnya mempunyai kompetensi untuk menjadi kepala SD maupun pengawas SD.
Adapun kompetensi lulusan S1 PGSD sebagai berikut.
a. Mengenal peserta didik secara mendalam, yang meliputi pemahaman secara mendalam tentang karakteristik intelektual, sosial-emosional, dan fisik, serta latar belakang peserta didik sebagai landasan bagi guru/calon guru agar mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
b. Kemampuan penguasaan bidang studi/matapelajaran, yang meliputi penguasaan substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge) yang bersangkutan, serta kemampuan memilih dan mengemas bidang ilmu tersebut menjadi bahan ajar sesuai dengan konteks kurikuler dan kebutuhan peserta didik (pedagogical content knowledge)
c. Kemampuan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, yang meliputi kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, kemampuan mengases (menilai) proses dan hasil pembelajaran, serta kemampuan menindaklanjuti hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan.
d. Kemampuan mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan, yang menekankan kemampuan guru dalam memanfaatkan setiap peluang untuk belajar meningkatkan profesionalitas, sehingga pembelajaran yang dikelolanya selalu mengedepankan kemaslahatan peserta didik. Untuk itu para lulusan S-1 PGSD juga dibekali dengan kemampuan sebagai peneliti keilmuan pendidikan SD dan mengembang-kan perangkat pembelajaran SD, dengan jabaran kompetensi sebagai berikut: (1) Kemampuan dalam merancang, melaksanakan, memanfaatkan dan mendesimenasikan hasil-hasil penelitian di bidang keilmuan pendidikan sekolah dasar, (2) Kemampuan dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah sesuai dengan etika ilmiah; (3) Kemampuan dalam mengembangkan berbagai perangkat pembelajaran sekolah dasar, seperti kurikulum dan sumber pembelajaran secara kreatif dan inovatif dan berkelanjutan.