Program Studi S1 PAUD

Sasaran Program S1-PG PAUD

Aspek Sikap dan Tata Nilai

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Berperan sebagai warga negara Indonesia yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa;
3. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan moral dan etika;
5. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan.

Aspek Penguasaan Pengetahuan

1. Mampu menguasai teori Perkembangan anak
2. Mampu menguasai, konsep, metode & falsafah PAUD
3. Mampu konsep penelitian kePAUDan
4. Mampu menguasai konsep manajerial PAUD
5. Mampu menguasai konsep dan strategi pengasuhan anak usia dini

Aspek Kemampuan Kerja

1. mampu melakukan penerapan ilmu pengetahuan dan atau teknologi, melalui penalaran ilmiah, dengan menggunakan pemikiran logis, kritis dan inovatif di bidang pendidikan anak usia dini;
2. mampu melakukan pengkajian pengetahuan dan atau teknologi di bidang pendidikan anak usia dini, berdasarkan kaidah keilmuan yang disusun dalam bentuk skripsi/laporan tugas akhir, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan metoda atau kaidah rancangan baku;
3. mampu mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya desain/ seni dalam bidang pendidikan anak usia dini yang dapat diakses oleh masyarakat akademik;
4. mampumengkomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai media kepada masyarakat sesuai dengan bidangpendidikan anak usia dini.

Aspek Kewenangan dan Tanggung Jawab

1. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan anak usia dini secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja.
2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi dalam bidang pendidikan anak usia dini yang menjadi tanggung jawabnya
3. Mampu mengelola pembelajaran pendidikan anak usia dini
4. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat dalam bidang pendidikan anak usia dini di dalam maupun di luar institusi